fbpx

 Cara Kenali Dokumen Elektronik  Palsu

Kemajuan teknologi memungkinkan dokumen dengan media digital based—yang dikenal dengan dokumen elektronik—digunakan dalam berbagai aktivitas bisnis dan kegiatan sehari-hari. Namun dokumen  juga memiliki berbagai resiko, salah satunya pemalsuan dokumen.

20151111133947-person-woman-mug-working-computer-notes-planning-laptop-typing-content-management

Dunia digital semakin berkembang. Jika dulu kita membutuhkan banyak rak dan map untuk menyimpan berbagai dokumen, kini dokumen yang kita butuhkan dapat disimpan di cloud. Sistem Cloud Storage memungkinkan dokumen disimpan dan bisa diakses dari mana saja, asalkan ada saluran internet. Dokumen juga dapat disimpan di media seperti flash disk atau hard disk eksternal yang dapat dibawa kemana saja dengan mudah.

Keberadaan dokumen dengan media digital based  ini hanya nampak jika media elektronik sebagai wadah penampung digit dokumen berfungsi baik. Digitasi juga memungkinkan pencatatan atas hal-hal lain yang tidak terkait langsung dengan dokumen. Hal tersebut memungkinkan munculnya bentuk berupa tulisan atau tanda tangan dalam media elektronik yang fisiknya tidak bisa disentuh. Hal tersebut lazim dikenal dengan sebutan dokumen elektronik.

20170307120422_IMG_0587

 

Plus dan Minus Dokumen Elektronik.

Keberadaan dokumen elektronik ini tentu sangat memudahkan aktivitas bisnis. Dokumen elektronik  bisa dibilang lebih aman, karena terhindar dari kerusakan seperti robek atau terbakar. Setiap aktifitas permulaan maupun perubahan yang dilakukan pada satu media elektronik tertentu langsung terekam dalam sistem yang diberi nama sebagai hatch. Menurut AKBP Jayadi dari Puslabfor Mabes POLRI, media digital dapat memberikan informasi sangat lengkap seputar aktifitas yang pernah dilakukan pada dokumen yang dimaksud layaknya alamat rumah.

AKBP Jayadi  juga mengingatkan agar berhati–hati dalam membuka atau mengubah hal–hal yang ada dalam media digital. Kelalaian yang dilakukan bisa menjadikan seseorang terlibat dalam kegiatan pemalsuan dokumen. Canggih dan detailnya media digital dapat merekam setiap aktivitas pembuatan dokumen. Ketidaksengajaan tersebut tetap dianggap sebagai suatu kesalahan yang akan membawa pelakunya mendapatkan hukuman pidana.

Digitasi dan elektronik adalah dua hal yang berkembang sangat cepat. Digitasi memungkinkan untuk membuat satu perangkat elektronik dapat diakses oleh perangkat lainnya dalam ruang berbeda dan waktu yang sama. Hal ini memungkinkan setiap orang dapat mengakses dokumen digital kapan dan dimana saja sesuai keperluan.

Kondisi ini ditanggapi dengan akal-akalan manusia yang ingin memanfaatkan efektifitas dan efisiensi media digital untuk kepentingan pribadinya secara melawan hukum. Mereka menggunakan teknik hacking yang memungkinkan digitasi mengatur aliran listrik yang memungkinkan pemunculan dokumen tanpa menggunakan izin dari perangkat elektronik yang berbeda. Alhasil pelaku dapat melakukan apa saja terhadap dokumen layaknya yang dilakukan pada perangkat elektronik original.

Tak jarang media digital based ini menimbulkan kerusakan yang ekstrim hingga menyentuh seluruh data sehingga tak dapat lagi digunakan. Bahkan pada tingkatan lain seluruh data – data tanda tangan asli yang terekam disana dapat diambil dan disalahgunakan oleh mereka yang tak bertanggung jawab. Pada tahap ini proses identifikasi mungkin akan lebih sulit dan membutuhkan penanganan khusus pihak berwajib.

cara-ttd-elektronik-di-file-digital-3

 

Investigasi Dokumen Elektronik

Demi menjaga  kerahasiaan dokumen, suatu dokumen harus memiliki nilai keamanan yang tinggi. Pada media elektronik, keamanan diimplementasikan dengan tanda tangan digital (digital signature) dengan database yang  tersusun dengan rapih. Tanda tangan yang diaplikasikan pada dokuemen elektronik memiliki tingkat akurasi persis sama dengan dokumen paper based.

Program khusus yang dirancang padanya memungkinkan setiap tekanan dan ukuran tanda tangan terekam dengan jelas. Penggunaan metode penghitungan statistik pada program akan membantu pengguna mendapatkan data pembanding yang lengkap dan akurat. Namun ketiadaan program khusus pun tidak menjadi masalah. Aspek – aspek seperti starting point, kontinuitas, kemiringan dan besar-kecilnya unsur statik tulisan atau tanda tangan tetap dapat terdeteksi

Investigasi pada dokumen elektronik yang diduga dimanfaatkan secara melawan hukum dilakukan dengan memeriksa dokumen dan media elektronik. Pada tahap awal diperiksa dokumen elektronik yang bersangkutan  menggunakan teknik dan software khusus yang dapat mendeteksi adanya aktifitas-aktifitas terlarang pada dokumen.. Pemeriksaan selanjutnya dilakukan pada perangkat elektronik untuk melihat apakah adanya benda-benda tertentu yang diduga diberdayakan untuk perbuatan melawan hukum. Jika perbuatan dilakukan dengan hacking maka akan dilakukan penelusuran secara khusus untuk menemukan lokasi dan perangkat hacking.

Aditya Anugra Pratama

Leave a Comment