fbpx

Penting: Perhatikan Hal Berikut Setelah PT Berdiri

Apakah tugas entrepreneur—yang menyangkut aspek legal—langsung selesai setelah PT berdiri? Apakah usaha yang anda rintis secara otomatis “naik kelas” setelah Anda menidirikan PT? Ternyata tidak. Setidaknya ada 2 hal penting yang harus dilakukan setelah PT berdiri.

Pertama, lindungi brand atau merek produk/jasa yang  Anda miliki. Daftarkan merek yang Anda  pada instansi perlindungan merek (Ditjen HAKI). Proses pendaftaran merek tidak memakan waktu lama. Mendaftarkan merek perlu dilakukan, mengingat hak ekonomi yang begitu besar. Pendaftaran merek juga menjadikan produk/jasa Anda mendapatkan legitimasi dari pemerintah dan berfungsi untuk menjadi pembeda produk/jasa sejenis. Jika merek sudah terdaftar, maka pemilik merek dapat menggunakannya untuk keperluan ekonomi apapun selama tidak dilarang oleh peraturan.

“Ketika pihak lain menggunakan merek kita tanpa izin maka, kita bisa menggugat, sehingga mereka harus bayar royalti atau ganti rugi.” Terang Abrar kemudian.

Kedua, mendaftarkan seluruh karyawan yang bekerja melalui Wajib Lapor Tenaga Kerja. Pelaporan wajib tersebut  diperintahkan  Negara pada ketentuan pasal 1 huruf B UU No.7 Tahun 1981 dan Pasal 2 Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.14 Tahun 2006.  Jika tidak dilaksanakan, Anda terancam pidana kurungan maksimal tiga bulan atau denda satu juta rupiah. Menurut Abrar, laporan ini harus dilakukan maksimal 30 hari setelah PT berdiri. Dokumen-dokumen seperti tanda pendaftaran PT, domisili NPWP, izin usaha, SIUP dan TDP harus dilampirkan saat pelaporan.

Abrar mengingatkan  untuk memperhatikan setiap dokumen legalitas usaha yang dimiliki. Hal ini dikarenakan adanya ketentuan masa berlaku yang mewajibkan pemiliknya melakukan perpanjangan. Jika Anda abai pada masa berlaku dokumen legalitas usaha Anda, maka Anda sendiri yang akan dirugikan dan bisa terjerat masalah hukum.

Untuk bapak dan ibu sekalian yang domisili PT-nya menggunakan virtual office, itu satu tahun masa berlakunya.” Kata Abrar. “Kalau yang menggunakan service office, itu lima tahun.” Tambahnya.

Abrar menyadari, perpanjangan ini terkadang menyulitkan entrepreneur. Namun jangan khawatir, hal yang dirasa memberatkan ini menjadi lebih mudah dengan adanya Peraturan Menteri Perdagangan terbaru yang menghapuskan perpanjangan SIUP. Syaratnya, domisili perusahaan, dokumen legalitas usaha dan Direksi tidak berubah.

20170228094803_IMG_0357

 

Mengapa Mendirikan PT?

Masih banyak entrepreneur yang sungkan untuk mendirikan usahanya dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT). Prosesnya yang  (diduga) rumit ditambah kesan PT yang masih “wah” menjadi alasannya. Tak banyak yang tahu, dibalik itu semua,  PT menyimpan keunggulan yang besar bagi perkembangan bisnis. Keunggulan apa saja yang dimiliki PT? Hal apa saja yang perlu dilakukan setelah PT berdiri? Apa pula yang membedakan PT dengan CV?

Kalau untuk PT itu tanggung jawabanya hanya sebatas modal yang disetorkan atau saham yang dimiliki. Kalau Persekutuan Komanditer (CV) bisa sampai harta pribadi.” Abrar menjelaskan keunggulan PT dalam segi tanggung jawab pada harta kekayaan perusahaan.

Selain itu, PT lebih bonafid dan  memiliki trust yang berbeda dimata pihak ketiga. Pada sisi bonafiditas nama yang tertera pada PT  merupakan pengakuan resmi Pemerintah Indonesia atas keberadaan dan kegiatan usaha yang berjalan. Pada aspek manajemen, usaha berbentuk PT memiliki tingkat trust tersendiri. Hal ini dikarenakan adanya sistem manajemen yang telah ditentukan dalam satu peraturan resmi perusahaan yang disebut Anggaran Dasar. Keunggulan ini tidak hanya mampu membuat  pihak ketiga merasa lebih nyaman, tetapi juga meningkatkan posisi tawar entrepreneur itu sendiri.

 

Aditya Anugra Pratama

 

*Ingin mengetahui lebih dalam berbagai informasi menarik di dunia hukum? Ikuti beragam workshop dan pelatihan hukum yang diselenggarakan oleh BPL Foundation dan ProLegal. Informasi lebih lanjut mengenai dapat menghubungi 081294116724/ 082211958277 atau melalui email info@bplfoundation.or.id.

1 Comment

  1. William on May 17, 2017 at 8:26 pm

    I desire to learn even more things aboout it!

Leave a Comment