fbpx

Perhatikan Hal Berikut Saat Membangun Value Bisnis

Membangun value bisnis menjadi isu krusial bagi entrepreneur. Salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan saat menyusun value adalah aspek hukum. Terkait hal ini, Coach Getty dan Bimo Prasetio berbagi rahasia penting dalam membangun value bisnis.

 

10 Agustus 2017, Bina Pengetahuan Legal Foundation —wadah yang mengintegrasikan pemahaman hukum dan entrepreneruship— mengajak entrepreneur di Indonesia untuk menggali lebih jauh mengenai value dalam bisnis. Workshop yang digelar di Legalo, 18 Office Park, Jakarta Selatan ini mengusung tema “Creating Value for Your Business”. Hadir sebagai narasumber, International Certified Business Coach, Margetty Herwin, dan Founder Smart Legal Network, Bimo Prasetio. Tepat pukul 14.10 WIB, Nurul Amalia (Office Manager Legalo) membuka acara dan memberikan sedikit gambaran tentang Virtual Office—yang menjadi produk unggulan Legalo.

Lindungi Value dengan Hukum

Bimo Prasetio mengawali diskusi hari itu dengan mengenalkan Smart Legal Network (SLN) pada perserta kegiatan. Ada dua video yang diputar dengan durasi kurang dari 10 menit. Melalui video ini, Bimo mengajak peserta yang hadir untuk memahami value bisnis dari segi hukum.

Value itu penting banget dalam bisnis.” ujar Bimo, “Ada dua hal yang paling penting dimiliki SLN, yaitu membuat klien kita nyaman dan bisa move on.“ lanjutnya saat membahas value SLN.

Ada kalanya perjalanan bisnis terhadang persoalan hukum. Situasi tersebut bisa terjadi, baik di internal perusahaan maupun antar rekan bisnis. Bimo pun mengajak para peserta workshop untuk membuat perjanjian dengan karyawan dan partner-nya sejak awal.

Perjanjian yang baik itu seperti story telling. Memiliki alur berpikir yang jelas, sehingga mudah dipahami. Untuk menciptakan posisi yang jelas, maka struktur organisasi perusahaan harus jelas.”

Ironisnya, seringkali aspek hukum tidak menjadi prioritas. Bimo yang juga merupakan Sekretaris Jenderal komunitas Tangan Di Atas (TDA) menekankan peranan hukum yang dapat membawa perusahaan lebih berkembang. Fungsinya sebagai mitigasi risiko akan membuat bisnis terlindungi dari gangguan berbagai pihak. Kegagalan dalam mitigasi risiko dapat membuat bisnis terhambat bahkan hancur.

Hukum punya peranan penting sebagai pondasi saat bisnis berjalan maupun dispute. Pun terjadi dispute, posisi kita akan lebih kuat.” ujarnya menutup materi pertama sore itu.

 

Menciptakan Value dalam Perusahaan

Tak menunggu lama, Margetty Herwin yang kerap disapa Coach Getty langsung menyambung materi yang disampaikan oleh Bimo. Melalui materi yang disampaikan, Coach Getty ingin mengajak peserta untuk memahami cara membuat value yang berasal dari tiap individu dalam perusahaan yang bersangkutan.

Saya selalu jual valuenya. Jangan jual barangnya dan jasanya karena semua orang punya. Hal itu yang paling menentukan cocok tidaknya dengan rekan bisnis dan calon konsumen.” ujar coach Getty.

Value juga berbicara identitas layaknya gambar-gambar pada kepingan puzzle. Kepingan-kepingan tersebut berasal dari berbagai kejadian dan peristiwa di masa lampau yang dialami setiap orang. Gambaran utuh yang terbentuk itulah yang menjadi identitas. Coach bisnis bersertifikat internasional ini kemudian memberikan gambaran menarik soal pembentukan identitas melalui metode Massey’d Developmental Period.

Ada empat tahap yakni: Imprint Period dari umur 0 sampai 7 tahun, Modelling Period dari umur 7 sampai 14 tahun, Socialization Period pada umur 14 hingga 21 tahun, dan Business Persona untuk 21 hingga 35 tahun.”

Setelah identitas terbentuk, ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu Process, Value, dan People. Seorang entrepreneur harus mengutamakan value sebelum melangkah pada dua hal lainnya. Coach Getty tidak memungkiri adanya perbedaan value antar karyawan pada bisnis dengan modal besar. Ia mengingatkan peserta untuk berhati-hati dalam mempersepsikan perbedaan tersebut. Meskipun demikian, ada dua hal yang bisa menjadi solusi yaitu meninjau pilihan dan prioritasnya.

 

Bina Pengetahuan Legal Foundation

Connecting Law & Entrepreneurship

 

Ingin mendalami soal bagaimana menciptakan value untuk bisnis Anda? Anda berminat mengadakan event sejenis? Hubungi Bina Pengetahuan Legal (BPL) Foundation melalui nomor 081294116724 / 082211958277 atau melalui email info@bplfoundation.or.id untuk info lebih lanjut.

 

Penulis: Aditya Anugra Pratama

Editor: Wenny Radistya, Rika Isvandiary

Leave a Comment