fbpx

Hati-Hati Dengan Merek Anda

Ternyata merek begitu berharga. Bahkan bisa menentukan nasib perusahaan. Agar tak rugi di kemudian hari, segera lindungi merek anda”

Idea Commercial Planning Marketing Brand Concept

Kalau anda tanya soal merek pada anggota keluarga, pasti dijawab “Rinso, Lifebuoy, Sunsilk, Dove, dan sebagainya.” Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, apakah merek sebatas untuk menjadikan produk terkenal? Apa sebenarnya fungsi merek?

Merek adalah tanda yang disematkan pada produk. Berbicara soal tanda, tentu bisa beragam. Ada yang menandakan dengan satu atau dua kata saja. Ada pula yang menggunakan nama, logo, simbol, istilah, dan desain-desain unik tertentu.

Kini perusahaan tak menganggap remeh soal merek. Apalagi merek ternyata memiliki nilai ekonomi yang fantastis. Bukan rahasia lagi, jika merek bisa menentukan nasib sebuah perusahaan.

Brand

Merek Kuat, Usaha Lancar

Saya seorang pengusaha online shop, saya sudah menjalankan usaha ini selama 2 tahun. Suatu hari, saya menemukan ada orang yang menggunakan nama yang sama dengan logo yang  tidak jauh berbeda dengan merek saya. Usahanya pun sama-sama online shop. Setelah saya selidiki, ternyata usahanya sudah berjalan lebih dulu daripada saya, apa yang harus saya lakukan? Haruskah saya mengganti merek saya? Padahal follower saya di Instagram sudah ribuan dan pelanggan saya juga sudah banyak

Pertanyaan klasik ini disampaikan seorang perempuan dalam salah satu workshop yang membahas fashion brand. Kenapa dibilang klasik? Sederhana saja, pertanyaan ini sering muncul saat tim BPL Foundation bertemu dengan rekan-rekan Start Up Digital dan UKM. Membangun merek tentu bukan perkara mudah. Lebih susah lagi melindungi merek agar tidak digunakan atau dimanfaatkan pihak lain. Jangankan UKM, perusahaan besar sekelas IKEA saja sempat kewalahan dengan merek.

Tentu semua pengusaha tidak ingin hal ini terjadi pada usaha yang sudah dirintis bertahun-tahun. Bayangkan saja jika anda memulai usaha sepatu dari nol sampai menjadi besar. Misalnya merek sepatu anda adalah “Kulit Buaya”. Tiba-tiba ada saingan anda yang menjual sepatu dengan merek “Kulit Buaya” juga. Ketika anda protes, ternyata saingan anda itulah yang memiliki merek “Kulit Buaya” secara resmi. Ini karena saingan anda mendaftarkan merek “Kulit Buaya” sebagai milik ke Ditjen HKI. Sedang anda tidak mendaftarkan merek tersebut.

Sayang sekali jika anda harus kehilangan merek yang sudah kuat dan dikenal masyarakat. Padahal merek yang kuat memiliki banyak benefit untuk pertumbuhan bisnis anda. Melindungi merek dengan mendaftarkan ke Ditjen HKI adalah bijak untuk memperkuat usaha anda.

 4BLgOiB8

Benefit Merek yang Kuat

Semua perusahaan pasti ingin memiliki merek yang kuat dan bernilai tinggi. Berbagai cara dilakukan  untuk menjaga dan meningkatkan citra merek. Mulai dari mendaftarkan merek, iklan di berbagai media cetak dan elektronik hingga membangun citra merek yang positif melalui berbagai kegiatan sosial. Hal ini dikarenakan perusahaan dengan merek yang kuat akan mendapat berbagai keuntungan seperti:

  1. Memiliki peluang lebih besar untuk menawarkan produknya dengan harga premium, sehingga profit yang didapat pun lebih tinggi.

 

  1. Konsumen cenderung lebih loyal kepada merek yang dinilai kuat dan populer. Ini menyebabkan terjadinya pembelian secara berulang. Sehingga perusahaan mendapatkan konsumen setia yang akan terus membeli produk yang ditawarkan.

 

  1. Ekuitas merek yang positif dapat mendukung pertumbuhan jangka panjang. Hal ini memudahkan perusahaan untuk menawarkan produk baru dan memasarkan produknya ke wilayah yang lebih luas

 

  1. Tidak dipungkiri, merek yang kuat juga akan sangat membantu saat negosiasi dengan vendor, pemerintah, distributor ataupun klien.

 

  1. Perusahaan dengan merek yang kuat juga tidak perlu susah payah mencari SDM yang berkualitas. Umumnya orang-orang akan lebih senang dan bangga berkerja di perusahaan yang memiliki nilai merek tinggi.

RI & AAP

Bagaimana agar merek anda tidak digunakan orang lain? Ingin tahu cara melindungi merek anda dengan legalitas? Ikuti Workshop “Understanding Intellectual Property Rights to Protect Your Business” yang akan diadakan pada 15 Juni 2017 di Skystar Ventures, klik http://bit.ly/workshop15juni.
Ingin mengadakan event sejenis?
Hubungi Bina Pengetahuan Legal Foundation di nomor 081294116724/082211958277 atau melalui email info@bplfoundation.or.id.

Leave a Comment